cara mengatasi komputer lemot

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Komputer 0 Comments

Komputer, Laptop, dan Handphone memang sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar kalangan. Apalagi komputer dan laptop yang saat ini sangat dibutuhkan untuk bekerja dan kuliah.

Salah satu kendala yang paling serind dikeluhkan oleh pengguna komputer dan laptop adalah menurunnya performa perangkat. Komputer akan menjadi lemot dan berat jika terlalu banyak menampung data serta terlalu sering digunakan tanpa henti.

Selain itu faktor umur juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan komputer lemot.

Umumnya cara menangani komputer lemot bisa dengan cara menyesuaikan software yang diinstal dengan spesifikasi hardware yang ada. Tapi cara tersebut tidak terlalu efektif untuk mengatasi pc lemot.

Cara Mengatasi PC/Laptop Lemot

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi PC/Laptop Lemot yang kami kutip dari intech, antara lain.

1. Bersihkan Komputer dari Virus

Salah satu hal yang perlu anda lakukan adalah mengecek apakah komputer anda terkena virus atau tidak. Karena kinerja komputer bisa menjadi lemot jika komputer anda terkena virus atau malware.

Serangan dari virus ini biasanya tidak disadari oleh para pengguna laptop. Jenis dari virus ini sangat beragam. Cara mengatasi komputer lemot adalah dengan menginstal program anti-virus pada perangkat komputer yang anda miliki.

Misalnya saja anda bisa menginstall Avast, ESET NOT, dan lain sebagainya.

2. Jangan Membuka Terlalu Banyak Startup

Terlalu banyak startup prograp pada komputer anda juga menjadi salah satu penyebab komputer anda menjadi lemot. Banyaknya aplikasi yang berjalan saat startup membuat RAM bekerja terlalu keras dalam mengalokasikan ruang pad aplikasi yang berjalan.

Hal tersebut tentu menyebabkan RAM sangat terbebani. Cara mengatasi komputer lemot akibah hal ini adalah dengan cara mematikan program startup yang berjalan secara default.

3. Periksa Kondisi Harddisk Komputer

Tidak jarang pula komputer yang menjadi lemot karena overhead, atau bisa juga karena ada masalah pada harddisk. Masalah HDD sering ditemui karena low space, terlalu usang sehingga rpm menurun, terfragmentasi, atau bisa juga karena HDD mengalami bad sector.

Selain itu banyaknya temporary files pada HDD juga sangat berpengaruh pada melambatnya kinerja komputer. Cara mengatasi komputer lemot karena hal tersebut adalah harddisk anda sudah terlalu lama digunakan. Maka ada baiknya anda mengganti HDD dengan yang baru.

Nah itulah beberapa cara mengatasi komputer lemot. Bagaimana? Sangat mudah bukan? jika anda memiliki cara lain, silahkan tulis di kolom komentar.