Tips Budidaya Tanaman Singkong

Cara Menanam Singkong yang Baik dan Benar

Umum 0 Comments

Ketela pohon atau yang biasa kita sebut singkong adalah tumbuhan perdu yang mempunyai nama ilmiah Manihot Utillssima. Selain itu singkong juga merupakan tanaman subtropika dan tahunan yang dikenal luas sebagai makanan pokok, sayuran, dan penghasil karbohidrat.

Tumbuhan Singkong bisa tumbuh hingga mencapai 7 meter, cabang agak jarang, dan memiliki akar tunggang. Akar yang membesar di tumbuhan ini akan menjadi umbi akar yang bisa dimakan, itulah alasan kenapa Singkong disebut dengan Ubi kayu.

Ukuran dai umbi singkong biasanya berdiameter antara 2-3 cm dengan panjang sekitar 50 – 80 cm, hal tersebut tergantung dari jenis kultivarnya. Bagian dalam umbi ini berwarna putih atau kekuning-kuningan.

Bagaimana? Tertarik budidaya tanaman singkong ini? Berikut ini adalah Tips Budidaya Tumbuhan Singkong yang akan kami rangkum.

3 Tips Budidaya Singkong Auto Panen Banyak

Berikut ini adalah beberapa tips budidaya singkong yang baik dan benar, antara lain.

1. Persiapan Lahan Budidaya Singkong

Tanah untuk budidaya singkong harus digemburkan terlebih dahulu dengan cara dibajak atau dicangkul. Setelah itu dilakukan penaburan kapur pertanian atau dolomit jika pH tanah dibawah 6,5.

Tanaman ini tidak terlalu suka dengan tanah yang berair, becek, dan tanah yang memiliki tergenang air jika musim hujan. Maka dari itu anda perlu membuat bedengan dengan lebar dan tinggi yang disesuaikan dengan kondisi lahan anda.

Perlu anda ingat, bedengan sebaiknya dibuat tidak terlalu tinggi supaya mudah melakukan pembubunan, jarak antar bedengan sekitar 50-60 cm.

2. Persiapan Bibit Budidaya Singkong

Singkong diperbanyak dengan cara stek batang, stek adalah memotong batang singkong dengan panjang sekitar 20 cm. Bibit Singkong yang baik adalah bibit dari tanaman yang cukup tua, yaitu tanaman singkong yang sudah berusia 10 sampai 12 bulan.

Pilih batang tanaman yang bagus, besar, mata tunas yang rapat dan bebas dari penyakit. Bagian batang singkong yang baik untuk bibit pada bagian tengah, yaitu sekitar 30 cm diatas pangkal batang dan 30 cm dibawah daun terbawah yang masih menempel saat dipanen.

3. Cara Penanaman Bibit

Bibit singkong segera ditanam setelah dipotong-potong. Tancapkan bibit singkong sedalam 1/3 dari panjang batang stek, perhatikan mata tunas jangan sampai terbalik. Bibit yang dipotong datar ditanam tegak lurus, tapi jika anda memotong miring maka menanamnya harus miring.

Jarak tanam antara satu bibit dengan bibit yang lain 60 – 70 cm (jarak antar tanaman) dan jarak antar baris 90 sampai 100 cm. Penanaman bibit singkong sebaiknya dilakukan saat musim hujan, hal tersebut dikarenakan tanaman singkong usia 0 – 5 bulan sangat membutuhkan air. Selain itu tanaman singkong yang baru juga sangat rentan terhadap cuaca kering.