alasan batubara menjadi primadona

Alasan Batubara Menjadi Primadona Sumber Energi Listrik

Umum 0 Comments

Sampai saat ini batubara masih menjadi primadona sumber utama dalam energi listrik di dunia ini. Banyak hal yang bisa digali dari batuan sedimen hitam yang satu ini, tapi banyak orang yang tidak tahu. Tapi di zaman sekarang ini sudah banyak hal yang berubah.

Pada musim dingin tahun 2016 di Jerman, pembangkit listrik Rheinhafen-Dampfkraftwerk di Karisruhe, mencoba menggunakan teknologi General Electric, dan akhirnya membuat rekor dunia saat mencapai efisiensi termal bersih sebesar 47.5 persen dan menghasilkan 912 megawatt listrik.

Pembangkit yang dihubungkan dengan sistem pemanas di Kariruhe bisa meningkatkan pemanfaatan bahan bakar untuk tingkat  60% ke atas. Mennurut Oliview Le Galudec, seorang insinyur dan menjabat menjadi kepala dari perhitungan kinerja dan pengujuan di GE Steam Power Systems ia mengatakan “Saya tidak menyadari pembangkit listik yang kami uji bernama RDKB bisa menembus rekor tersebut”.

Lalu apa batubara bisa menjadi salah satu sumber energi baru selain gas alam?

Alasan Batubara Menjadi Primadona

Berikut ini adalah 5 alasan mengapa batubara menjadi primadona sumber energi listrik yang kami kutip dari https://ilmutambang.com/, antara lain:

1. Batubara Memasok Hampir 30% Konsumsi Energi Global

Jumlah diatas diperkirakan akan turun menjadi 30 persen pada tahun 2040 (34 persen dari Amerika). Batu bara akan tetap menjadi salah satu sumber utama di berbagai negara meskipun ada banyak sumber energi yang lain, seperti gas alam dan energi terbarukan.

Jika di Asia Tenggara, Batubara akan menjadi sumber energi tunggal terbesar dalam bauran energi di kawasan ini. Hal tersebut dikarenakan jumlahnya yang sangat melimpah dan terjangkau.

2. Batubara sudah diakui Sejak Dulu

Pada zaman dahulu saat Thomas Edison membangun pembangkit listik pertama di dunia yang berpusat di pearl Street, yang dibuat adalah pembangkit dengan sumber energi uap turbin. Pembangkit ini hanya beroperasi dua tahun setelah Pearl  Street Station berdiri serta hanya mengubah 1.6 % dari panas batubara yang menjadi listrik.

Kinerja tersebut sudah meningkat dari waktu ke waktu, hingga mencapai 20 persen lalu untuk saat ini efisiensinya mencapai 30 persen.

3. Batubara Diklaim Menjadi Salah Satu Sumber Energi yang Efisien

Untuk saat ini efisiensi global rata-rata pembangkit listrik tenaga batubara, naik dari 33 persen menjadi 40 persen. Tingkat efisensi tersebut dihasilkan karena sudah mengerahkan teknologi yang lebih canggih dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Teknologi tersebut mampu mengurangi karbon dioksida setiap tahun hingga 2 giga ton, atau setara dengan emisi CO2 tahunan di negara India.

Nah itulah beberapa alasan kenapa batubara menjadi primadona sumber energi sampai saat ini. Jika anda masih bingung, silahkan tulis peprtanyaan anda di kolom komentar.